TENTANG "SONG SECTION"


Bila kita amati lebih jauh, sebuah lagu pada umumnya terdiri dari bagian-bagian tertentu. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebanyakan lagu populer berdurasi 3 hingga 4 menit dan antar bagiannya selalu diulang-ulang.

Bagian-bagian lagu tersebut dikenal dengan istilah Song Section, beberapa istilah lain menyebut Stucture of Song. Apapun istilahnya, mereka tetap saja mempunyai beberapa bagian didalam komposisi sebuah lagu.

Berikut macam-macam bagian lagu atau Song Section :
a.The Verse
Bagian lagu yang sering disebut sebagai bait, yang biasanya bercerita disekitar tema lagu. komposisi lirik yang terdapat didalam verse memiliki pattern tersendiri seperti jumlah bait, bersajak, dan mengandung arti yang saling berkaitan.

b.The Refrain
Sebagai pusat ide. Biasanya berisi garis besar dari lagu itu sendiri atau mengandung makna lagu yang sangat penting. Refrain dapat dimulai pada bagian awal verse lagu, meskipun lazimnya terletak pada akhir dari bait verse. Perlu diketahui bahwa refrain bukan bagian terpisah dari lagu, melainkan selalu menjadi bagian dari verse.
Catatan: istilah refrain masih/biasa di publikasikan sebagai istilah yang sama dengan chorus.

c.The Chorus
Bagian lagu yang biasanya mengandung "central statement" atau judul lagu itu sendiri (hook). bagian ini paling sering diulang-ulang.

d.The Bridge
Istilah yang digunakan untuk bagian lagu yang berfungsi menjembatani 2 bagian lagu. The bridge juga memiliki fungsi lain, semisal, untuk membuat lagu menjadi kontras atau modulasi.

e.Transitional Bridge
Bagian lagu yang mempunyai peran untuk menghubungkan 2 bagian lagu yang berbeda, biasanya terletak diantara verse dan chorus. juga dapat difungsikan untuk mengangkat dan membangun momentum untuk masuk ke chorus. Transitional bridge selalu dijumpai sebelum "central statement". Bagian ini juga memiliki beberapa istilah lain seperti "Climb" ; "pre-chorus" ; "pre-hook"

f.Primary Bridge
Bagian lagu yang sering dijumpai setelah chorus lagu dan sebelum masuk interlude/melody. bagian lagu ini cukup kontras dibanding bagian lain (biasanya mengalamai modulasi nada). Bagian lagu ini hampir ada disetiap lagu ballad.

by Aulia hadi

Komentar

Postingan Populer