CLENT GRUNGE

Blog EntryCLENT GRUNGEApr 14, '09 12:15 AM
for everyone

SENIN, 13 APRIL 2009 GW KETEMU TEMEN2 LAMA. NIH ANAK MASIH SEMANGAT NGUSUNG ALIRAN GAHAR, SEMPET BIKIN FORMASI YG NGE PUNK ABIS AMPE 3 X LEBIH. UDAH RECORDS MALAHAN.CUMAN MINIM PUBLIKASI.NAH SETELAH GW TUNGGU2 MRK DATENG JUGA. NGOBROL NGALOR NGIDUL TTG RECORDS. TRUS AKHIRNYA TERTARIK JUGA NYOBA. TES TES... 1 2 3 ........HE HE HE...

jrang jreng jrang....STOP !!..............!!!!!!.

TRUS GW BILANGIN " BRO....BISA MAININ MUSIK YG RAPI GAK ?"

bah.....maen music rapi ? maksud loh....? ini gaya gw man....!!! ia ia...gw tau.lu anak punk atau grunge atau apalah itu.....yg jadi masalah lu skrg dateng kesini pengen musik lo gw yg nangnanin.maksud gw gini....lu bisa gak maenya sesuai metronom, sesuai ketukan beat supaya enak di kuping.kagak kayak org latihan.lu sekarang lagi records bukan nge - jam !!!!

wah....ntar gak asli dong ? duh....asli gmn ?...justru klo grothal grathul di kirain yg ngedit asli gak bisa benerin tempo. btw ttg yg asli - asli.....ada lusinan band papan atas yg recordnya pake drum machine.dari manca sama dari dome banyak yg pake.

loh....kok gw gak tau ? ye...emang lu gak cari tau. letto ada bbrp lagunya yg pake drum machine,PAS BAND sering juga pake drum machine.

tapi bos...bukanya pas band punya drummer handal ? emang....ada bbrp alasan mrk pake drum machine.dan SAH SAH AJAH.....INPO LAGI NEH.PROSES REKAMAN DI MAJOR YG UDAH LU BELI CD2 NYA NTU DRUMNYA JUGA DI EDIT ABIS2AN.BIAR SESUAI METRONOME.MAKANYA BANYAK STUDIO RECORDS YG RELA INFESTASI UTK BELI ALAT YG BISA NGEDIT SESUAI TEMPO METRONOME.GW RELA PAKE NUENDO SAMA PRO TOOLS JUGA GITU.BIAR MUSIK KALIAN INI LEBIH NONJOK HASILNYA.

OOOoooooo.......

yups....drum yg compang camping bisa di benerin temponya pake beat detective.tuh maenan adanya cuman pake PRO TOOLS.standart daw yg di pake ngemix sama major label.

[ trus rekaman lanjut ampe bbrp shift ]

NIH LINK DOWNLOAD LAGUNYA

[ tuh lagu vocal masih guide alias asal2an,makanya bunyi tak tuk tak tuk metronome masih kedengeran.blom di kasih efek apa2.pokonya masih mentah tah. rencananya bakalan 1 album berisi 9 lagu.ada bhs jawanya juga.bakal beredar dlm format cd audio dan udah di pesenin bule, gila.....!!!!]

nah....ini dia kalo udah jadi di mixing dan mastering


NAH...INI HASILNYA :

DOWNLOAD STYLE GRUNGE VERSI MASTERING



TRUS INI LINK VIDCLIP STYLE GRUNGE YANG SEBAGIAN PENGAMBILAN GAMBARNYA DI SCREAM AUDIOLABS STUDIO'S






SILAHKAN KUNJUNGI BLOG STYLE GRUNGE DI

http://stylegrunge.blogspot.com/

NAH INI ADA REFERENSI TTG PROSES RECORDS .HARGANYA EMANG MAHAL...KRN STANDART BANDUNG.KLO DI GW SEH 1 SHIFTNYA 250 REBU TERSERAH DPT BRP LAGU.TRUS BIAYA MIXINGNYA PERLAGU 50 REBU.CD MASTER GRATIS SAMA CD AUDIONYA.

Biaya minim rekaman indie berapa sih? BY -

indojepang

Mungkin banyak yg masih bingung untuk memperkirakan berapa sih kira2x biaya minim untuk recording digital band/ proyek indie kita?
Jawabannya bisa relatif sekali, tapi yuk kita coba ngerumusin berapa sih yg wajar dan masih bisa terjangkau oleh kita.

sebelum mulai, kita jabarin dulu prosesnya ya.. supaya bisa kebayang
1. recording audio
2. Mixing
3. Mastering

3 tahapan ini sy rasa yg menjadi proses utama rekaman sampai dibilang selesai.

sy akan urut dari belakang dulu karena proses mixing dan mastering bisa dibilang relatif fix price.

informasi terakhir, mastering 1 lagu berkisar antara 300rb-500rb/lagu untuk indie ya.. kalo label mungin ada yang tau?? tolong informasikan disini.. thx

sy kira untuk mixing kurang lebih sama.. 300-500rb/lagu

OK, jadi kira2x untuk produksi mixing & mastering 5 lagu saja, dibutuhkan biaya antara 3jt- 5jt rupiah.


(foto: Rizal, sound engineer ma frend!)

(foto: Indra Bip, Mastering engineer)

Ok.. sekarang kita bahas proses Audio recordingnya. Yang paling umum dilakukan adalah sbb:
1. Guide Lagu (gitaran + vocal)
2. Take Drum
3. Take Bass
4. sisanya relatif bisa Take guitar dulu, ato keyboard, String dll.
5. paling terakhir Take Vocal

Kita bahas Take Drum dulu ya, kita asumsikan Sewa Studio recording berkisar antara 350-500rb/shift(6jam).

biasanya 1 shift itu bisa 2-3 lagu, tergantung dari drummernya, kalo drummernya dah hafal benar dan jarang salah. dan tergantung juga setting drumnya lama ato tidak. Kalau masih pemula, diusahakan 1 lagu musti selesai dong ya.. kalo nggak khan rugi!

kuncinya di take drum adalah penguasaan tempo si drummer, disamping operatornya untuk kualitas hasil recording drumnya.

O iya kalau take drum live, kalau bisa cari studio yg pake protools yang bisa pake Beat Detective! penting nih.. Beat detective plugin yang bisa ngerapihin tempo drum tadi kalau ada salah2x. Biasanya juga dikenakan biaya Rp. 50rb/ lagu.

Ok kalau kita asumsikan pukul rata satu shift bisa dapet 2 lagu, maka untuk 5 lagu kita bisa perkirakan pemakaian 3 shift (350rb) + editing Beat detective 50rb/lagu. Hasilnya 1.050.000 + 250.000 = 1.3jt.. (kalau 1 shift 350rb ya..)

ya berkisar 1.3jt sampe 2jt lah..

Sep.. setelah Drum diedit dan hasilnya dah rapih, yuk lanjut Take Bass!!

O iya sebelum lupa, ada saran dikit: jgn lupa juga patungan untuk beli HD untuk copy data recording supaya kalau ada masalah dengan data di studio masih punya backup

Lanjuuutt!! Take Bass seharusnya yg paling irit di antara semuanya, karena gak macem2x dari segi persiapan dan soundnya. Tinggal masalah jam terbang playernya aja.. Satu shift 5 lagu bisa gak? tergantung playernya.. kalo bisa bagus!! kalo nggak bisa ya 2 shift kali ya..

ya berkisar 700rb-1jt khan kalo 2 shift dipake buat take bass? angka yg lumayan juga tuh!.. kalo gitu musti bisa 1 shift lebih bagus dong ya??

Lanjuts!
Take Guitar, keyboard dll. relatif sama prosesnya dengan take Bass, cm pada take guitar dan keyboard ada faktor pemilihan sound yang berubah2x. ini menyebabkan pemakaian waktu yang lebih lama dari take Bass.

Kadang improvisasi perlu juga diperhitungkan, walaupun sudah hafal luar kepala tapi kadang selagi recording sang guitaris ato keyboardis punya ide2x baru yang muncul.

Silahkan kalkulasi sendiri ya berdasarkan pengalaman2x di atas.

Take Vocal biasanya proses paling akhir berbarengan dengan backing vocal. Pada proses take vocal, jam terbang vocalis sangat berpengaruh kepada kualitas yg bagus.
Faktor2x yg perlu diperhatikan adalah kebiasaan memakai headphone saat take (setting terlalu low mempengaruhi pitch sang vokalis), penguasaan tempo & 'soul', psikologi vokalis pada saat take, temperatur ruangan, dll.

Berapa lama ya? ya tergantung vokalisnya sendiri. jawabannya sangat relatif. Tapi normal untuk 1 shift = 6 jam tanpa memperhitungkan perfeksionisnya, bisa dapet 2 lagu. Jadi untuk 5 lagu bisa 3 shift ato 2.

Hmmm.. informasi terakhir di jakarta utk studio2x yg udah punya nama seperti Palu Studio (Pay), Grims dan selevelnya.. harga berkisar 800rb/shift-nya. pastinya pake Protools HD

to be contunued......

Komentar

Postingan Populer